1.
Belajar
Kembali Tentang Cara Belajar
Semua
jalan Menuju Keberhasilan
Di
SuperCamp, semua kurikulum secara harmonis merupakan kombinasi dari tiga
unsur:keterampilan akademis, prestasi fisik, dan keterampilan dalam hidup. Yang mendasari kurikulum ini adalah filsafat
dasar.
Untuk
mendukung falsafah ini, kami sangat berhati-hati dalam mempersiapkan lingkungan
sehingga semua siswa merasa penting, aman, dan nyaman. Ini dimulai dengan lingkungan fisik
sebenarnya, yang diperindah dengan tanaman, seni, dan musik. Ruangan harus terasa pas untuk kegiatan belajar
seoptimal mungkin.
Lingkungan
emosional juga penting. Dalam program
kami, para pembimbing adalah para pakar yang membentuk jalinan penting, dan
setelah mereka memantapkan daerah aman secara emosional, mereka menghadapkan
para siswa pada tantangan-tantangan di mana mereka memperoleh kesuksesan waktu
demi waktu. Inilah pengalaman yang
sangat menunjang.
Kurikulum
di SuperCamp adalah kombinasi dari beberapa unsur, dikembangkan dari suatu
falsafah bahea belajar dapat dan harus
menyenangkan. Tantangan-tantangan fisik digunakan sebagai metafora untuk
mempelajari terobosan-terobosan belajar – pergeseran peradigma tentang belajar.
Buku
ini memberikan kepada anda 20% informasi dan SuperCamp yang membuat 80%
perbedaan dalam cara belajar anda. Dua
puluh persen yang amat penting ini mencakup bidang dan keterampilan berikut ini
:
·
Bersikap positif
·
Termotivasi
·
Menemukan cara belajar anda
·
Menciptakan lingkungan belajar yang
sempurna
·
Membaca dengan cepat
·
Membuat catatan yang efektif
·
Mempelajari teknik menulis yang canggih
·
Berfikir kreatif
·
Mengembangkan hafalan yang menakjubkan
Kiat-kiat terbaik,
informasi yang sangat membantu, dan teknik-teknik yang sangat efektif untuk
keistimewaan belajar, semua ada di sini, diantara sampul buku ini.
Manfaat
Quantum Learning :
§ Sikap
positif
§ Motivasi
§ Keterampilan
belajar seumur hidup
§ Kepercayaan
diri
§ Sukses
Metode Quantum learning
Quantum
learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang
pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutkan
sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”. Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan
pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apa pun memberikan sugesti positif ataupun
negatif. Beberapa teknik yang digunakan
untuk memberikan sugesti positif adalah mendudukkan murit secara nyaman, memasang
musik latar di dalam kelas, meningkatkan prestasi individu, menggunakan
poster-poster untuk memberi kesanbesar sambil menonjolkan informasi, dan menyediakan
guru-guru yang terlatih baik dalam seni pengajaran sugestif.
Istilah lain yang
hamper dapat dipertukarkan dengan suggestology
adalah “pemercepatan belajar” (accelerated learning). Pemercepatan belajar didefinisikan sebagai
“memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan yang mengesankan, dengan
upaya yang normal, dan dibarengi kegebiraan”.
Cara ini menyatukan unsure-unsur yang secara sekilas tampak tidak
mempunyai persamaan ; hiburan, permainan, warna, cara berfikir positif,
kebugaran fisik, dan kesehatan emosional.
Namun secara unsur ini bekerja sama untuk menghasilkan pengalaman
belajar yang efektif.
Quantum
Learning mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik(NLP),
yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak mengtur informasi. Program ini meneliti hubungan antar bahasa
dan prilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan jalinan pengertian antara
siswa dan guru. Para pendidik dengan
mengetahuan NLP mengetahui bagaimana menggunakan bahasa yang positif untuk
meningkatkan tindakan-tindakan positif –faktor penting untuk merangsang fungsi
otak yang paling efektif. Semua ini
dapat pula menunjukkan dan menciptakan gaya belajar terbaik dari setiap orang, dan
menciptakan “pegangan” dari saat-saat keberhasilan yang meyakinkan.
Quantum
Learning menggabung sugestologi, teknik pemercepatan belajar,
dan NLP dengan teori, keyakinan, dan metode kami sendiri. Termasuk di antaranya konsep-konsep kunci
dari berbagaiteori dan strategi belajar yang lain, seperti :
§ Teori
otak kanan/kiri
§ Teori
otak triune(3 in 1)
§ Pilihan
modalitas (visual, auditorial, dan kinestetik)
§ Teori
kecerdasan ganda
§ Pendidikan
holistik (menyeluruh)
§ Belajar
berdasarkan pengalaman
§ Belajar
dengan simbol (Metaphoric learing)
§ Simulasi/
permainan
2.
Kekuatan
pikiran anda yang tidak terbatas
kita semua dilahirkan
dengan rasa ingin tahu yang tak pernah terpuaskan. Dan kita semua mempunyai alat-alat yang kita
perlakukan untuk memuaskannya. Pernahkah
anda memperhatikan seorang bayi yang meneliti dengan seksama sebuah mainan
baru? Ia memasukkannya kedalam mulut untuk mengetahui rasanya. Ia menggoyangkannya, mengangkatnya, dan
memutarkannya perlahan-lahan sehingga ia bias melihat berbagai setiap sisinya
terkena cahaya. Ia menempelkannya di
telinga, menjatuhkannya ke lantai dan mengambilnya kembali, membongkar
bagian-bagiannya dan menyelidikinya satu demi satu.
Proses penelitian ini,
kini , disebut belajar secara menyeluruh(global
learning). Global learning merupakan
cara efektif dan ilmiah bagi seorang manusia untuk mempelajari bahwa otak
seorang anak sehingga usia enam atau tujuh tahun adalah seperti spons, menyerap
berbagai fakta, sifat-sifat fisik, dan kerumitan bahasa yang kacau dengan cara
yang menyenangkan dan bebas-stres.
Proses ini juga ditambah dengan faktor-faktor umpan balik positif dan
rangsangan dari lingkungan, dan anda telah menciptakan kondisi yang sempurna
untuk belajar apa saja.
Anda berhasil mencapai
prestasi mengagumkan pada tahun-tahun awal kehidupan anda, berkat kekuatan
pikiran anda yang menakjubkan.
Pada 1982, jack
canfield, pakar masalah kepercayaan-diri, melaporkan hasil penelitian di mana
seratus anak ditunjukkan untuk seorang periset selama satu hari. Tugas periset adalah mencatat berapa banyak
komentar posetif dan negatif yang diterima seorang anak dalam sehari. Penemuan canfield adalah bahwa setiap anak
rata-rata menerima 460 komentar negative atau kritik dan hanya75 komentar
positif atau ang bersifat mendukung.
Jadi, komentar negatif enam kali lebih banyak disbanding komentar
positif!
Umpan balik negatif
yang kontinu ini sangat berbahaya.
Setelah beberapa tahun bersekolah, “kemerdekaan belajar” yang
sesungguhnya benar-benar terjadi, dan anak-anak menghalangi/menutupi pengalaman
belajar mereka secara tidak sadar. Saat di sekolah dasar, kata belajar itu sendiri bisa membuat murid
merasa tegang dan terbebani.
Pada saat yang hampir
bersamaan pada kemerdekaan belajar itu terjadi, sekolah tradisional beralih
dari pendekatan “global learning”
yang menyenangkan dan holistik (menyeluruh)menjadi pendekatan kaku, linear,
dan berorientasi bahasa. Kini, guru mengharap siswa untuk duduk diam selama satu jam atau
lebih, dalam deretan bangku-bangku yang sejajar menghadap ke depan. Guru berdiri dan mengajarkan subjek
tertentu. Hilanglah permainan dan
kegiatan kelompok, aktivitas seni yang menari, sentuhan-sentuhan hangat, dan
semua aspek “bebes” sekolah kanak-kanak.
Dengan berjalannya semua ini, proses pendidikan berubah dari global learning masa kanak-kanak manjadi
suatu sistem yang menitikberatkan otak kiri “ketakseimbangan” ini membuat
banyak siswa merasa tidak mempunyai inspirasi dan tidak berharga.
Masing-masing bagian otak anda bertanggung
jawab atas fungsi yang berbeda-beda.
1.
Batang
atau otak reptilia
–
· Fungsi
Motor Sentorik
· Kelangsungan
Hidup
· “Hadapi
atau Lari”
2.
Sistem
limbik atau otak mamalia –
· Perasaan/Emosi
· Memori
· Bioritmik
· Sistim
Kekebalan
3.
Neokorteks
atau otak berfikir –
· Berfikir
Intelektual
· Penalaran
· Prilaku
Waras
· Bahasa
· Kecerdasan
yang Tebih Tinggi
Bagaimana
dan Kapan Kecerdasan Berkembang
Semua
kecerdasan yang lebih tinggi, termasuk intuisi, ada dalam otak sejak lahir. Dan
selama lebih dari tujuh tahun pertama kehidupan, kecerdasan ini dapat
disingkapkan jika diraway dengan baik.
Agar
kecerdasan-kecerdasan ini terwat secara baik ada beberapa persyaratan yang
harus dipenuhi:
· Striktur
syaraf bagian bawah harus cukup berkembang agar energi dapat mengalir ke
tingkat yang lebih tinggi.
· Anak
harus merasa aman secara fisik dan emosional.
· Harus
ada model untuk memberikan rangsangan yang wajar.
Banyak
Kecerdasan yang Lebih Tinggi atau “cara-cara mengetahui” yang telah telah
teridentifikasi.
§ Linguistik
§ Matematika
§ Visual/spasial
§ Musikal
§ Interpersonal
§ Intrapersonal
§ Intuisi
Supaya mendapatkan
ingatan yang tinggi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa, seorang siswa
harus mendalami secara total suatu pelajaran. Di SuperChamp, bahan-bahan
pelajaran diberikan dalam kelas-kelas intensif sehari penuh.
Cara
Berfikir Otak Kanan dan Otak Kiri
Tiga bagian otak anda
juga dibagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri. Kini belahan ini lebih
dikenal sebagai “otak kanan”dan”otak kiri”. Eksperimen terhadap dua belahan
tersebut telah menunjukkan bahwa masing-masing
belahan bertanggung jawab terhadap cara berfikir, dan masing-masing mempunyai
spesialisasi dalam kemampuan-kemampuan tertentu, walaupun ada beberapa
persilangan dan interaksi antara kedua sisi.
3.
Kekuatan AMBAK: Apa Manfaatnya BAgiKu?
Dalam banyak situasi,
menemukan AMBAK sama saja dengan menciptakan minat dalam apa yang sedang anda
pelajari dengan menghubungkannya dengan “dunia nyata”. Ini terutama benar dalam
situasi belajar yang formal. Anda harus mencari cara untuk menjadikannya berarti
bagi hidup anda sendiri.
Menciptakan minat,
mudah untuk beberapa subjek dan lebih sulit untuk subjek-subjek lainnya. Namun,
anda selalu dapat menemukan sesuatu yang menarik bagi anda. Peluangnya adalah
bahwa anda sudah termotivasi mempelajari suatu informasi untuk beberapa alasan.
Menciptakan minat juga
memiliki keuntungan intrinsiknya, ketika anda menciptakan minat dalam suatu
subjek, anda kerap mendapati bahwa hal itu membawa anda kepada minat baru
dibidang lainnya. Menembangkan bidang-bidang baru ini menimbulkan kepuasan
tersendiri, dan juga minat baru lainnya. Karena itu di permukaan, belajar aktif
mungkin kedengarannya melelahkan, tetapi sebenarnya itu memberi kekuatan.
AMBAK
dan Quantum Learning
Jika anda bertanggung
jawab atas hidup anda anda akan mulai membuat
segalanya terjadi dan bukan sekedar membiarkannya. Belajar aktif adalah
masuk kedalam kehidupan, bukan membiarkan hidup mengombang-ambingkan anda.
Semakin banyak
pengetahuan yang anda miliki, semakin banyak pilihan yang anda miliki ketika
menghadapi situasi yang menantang. Semakin banyak pilihan anda, semakin besar
kekuatan pribadi yang anda miliki. Kekuatan pribadi merupakan suatu jenis
kekuatanyang anda lihat pada orang-orang yang sepenuhnya bertanggung jawab atas
diri mereka, pada orang-orang yang membuat keputusan dengan keyakinan karena
mereka mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan semua informasi yang mereka
butuhkan untuk membuat keputusan yang benar bagi diri mereka.
4.
Menata Pentas
Bagi pelajar Quantum,
faktor-faktor lingkungan sama dengan penataan yang dilakukan oleh kru panggung.
Cara anda menata perabotan, musik yang anda pasang, pentaan cahaya, dan bantuan
visual di diniding dan papan iklan, semua merupakan kunci-kunci yang
menciptakan linkungan belajar yang optimal.
Jika di tata dengan
baik, lingkungan anda dapat menjadi sarana yang bernilai dalam membangun dan
mempertahankan sikap positif. Dengan mengatur lingkungan anda, anda mengambil
langkah pertama yang efektif untuk mengatur pengalaman belajar anda secara
keseluruhan.
Lingkungan
Mikro: Tempat Anda Untuk Bekerja dan Berekreasi.
Semua ini dimulai dari
ruang pribadi anda, tempat bekerja dan belajar. Mengubah tempat ini menjadi
tempat yang optimal adalah tugas anda karenanya hanya anda yang dapat mengatur
detail sehinnga cocok bagi anda.
Iringan
Musik: kunci Menuju Quantum Learning
Alasan mengapa musik
sangat penting untuk lingkungan Quantum
Learning adalah karena musik sebenarnya berhubungan dan mempengaruhi
kondisi fisiologis anda. Selama melakukan pekerjaan mental yang berat, tekanan
darah dan denyut jantung anda cenderung meningkat. Gelombang-belombang otak
anda meningkat, dan otot-otot anda menjadi tegang. Selam relaksasi dan
meditasi, denyut jantung dan tekanan darah menurun, dan otot-otot mengendur.
Biasanya, akan sulit berkonsentrasi ketika anda bebar-benar rileks, dan sulit
untuk rileks ketika anda berkonsentrasi penuh.
Ada teori yang menyatakan
bahwa dalam situasi otak kiri sedang bekerja, seperti mempelajari materi baru, musik
akan membangkitkan reaksi otak kanan yang intuitif dan kreatif sehingga
masukannya dapat dipadukan dengan keseluruhan proses. Memasang musik adalah
cara efektif untuk menyibukkan otak kanan anda ketika sedang berkonsentrasi
pada aktivitas-aktivitas otak kiri.
Berinteraksi dengan
lingkungan juga berarti meb=ngambil peluang-peluang yang akan datang dan
menciptakan peluang jika tidak ada. Interaksi dengan lingkungan berarti
mengadakan perubahan. Diperlukan melebarkan langkah untuk memasuki sesuatu yang
baru. Langkah yang anda buat karena mengubah sesuatu dalam hidup anda, akan
melebarkan zona aman anda dan simpanan pengetahuan pribadi anda. Ini juga akan
membuka mata anda terhadap hal-hal baru di lingkungan tersebut.
Konsolidasi
Di SuperChamp, jeda yang berulang-ulang
merupakan persyaratan untuk setiap jenis sesi belajar. Jeda sangat penting
hingga kami kadang-kadang membiarkan para siswa menentukan kapan waktu jedanya.
5.
Memupuk Sikap Juara
Berfikir seperti orang
juara membuat anda menjadi juara. Itulah pentingnya mengetahui bagaiman memupuk
sikap juara. Dalam kemampuan belajar aset anda yang paling berharga adalah
sikap positif. Kalu anda mempunyai harapan yamg tinggi terhadap diri anda,
harga diri yang tinggi, dan keyakinan bahwa anda akan berhasil, anda akan
memperoleh prestasi tinggi. Mantapkanlah untuk mempunyai sikap positif, dan
segalanya akan segera berubah. Kemungkinan akan menjadi probabilitas dan
keterbatasan menjadi peluang. Satu-satunya kegagalan dalam hidup adalah
kegagalan untuk mencoba.
Dalam segala situasi,
kita dapat membayangkan sejumlah skenario yang mungkin. Satu diantara
interpretasi masalah yang ada dalam kehidupan akan menimbulkan pemikiran negatif,
dan menyakitkan pikiran anda, sedang yang lainnya akan menghasilkan pemikiran
netral atau positif. Jika anda memilih energi negatif, ini mempengaruhi cara
anda memandang dirri anda, tetapi jika anda selalu memilih scenario yang
positif, kerangka pikiran anda akan memdukung terciptanya hubungan efektif yang
berhasil baik. Hal ini berlaku untuk harapan dan juga penjelasan. Kalau anda
mengharapkan yang terbaik, berarti anda mengundang yang terbaik untuk menjadi
kenyataan. Mengharapkan yang terburuk, maka anda mengundang bencana.
6.
Menemukan Gaya Belajar Anda
Gaya belajar anda
adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di seko;lah, dan
dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika anda menyadari bagaimana anda dan
orang lain menyerap dan mengolah informasi, anda dapat menjadikan belajar dan
berkomunikasi labih mudah dengan gaya anda sendiri.
Dengan bekerja secara
bebas,para peneliti berbagai gaya belajar, yang berkisar dari psikologi hingga
peltihan manajemen, telah mendapatkan penemuan-penemuan yang saling memperkuat
dengan konsistensi yang mengagumkan.
Jika anda akrab dengan
gaya belajar anda sendiri, anda dapat mengambil langkah-langkah penting untuk
membantu diri anda belajar lebih cepat dan lebih mudah. Dan juga dengan
mempelajari bagaimana memahami cara belajar orang lain, hal itu dapat membantu
anda memperkuat hubungan anda dengan mereka,
Jika anda tidak dapat
melihat atau mendengar, atau jika anda tidak dapat merasakan tekstur, bentuk,
temperature, atau berat,atau penolakan di lingkungan, berarti anda sama sekali
tidak mempunyai gaya belajar. Kebanyakan kita belajar dengan banyak gaya, namun
kita biasanya lebih menyukai satu cara dari pada yang lainnya. Banyak orang
yang tidak menyadari bahwa mereka lebih suka pada satu gaya karena tak ada
sesuatu yang eksternal yang mengtakan kepada mereka bahwa mereka berbeda dari
orang lain. Mengetahui bahwa terdapat perbedaan besar dalam menjelaskan hal-hal
seperti mengapa kita mempunyai masalah dalam memahamidan berkomunikasi dengan
beberapa orang, dan tidak bermasalah dengan orang lain, dan mengapa kita dapat
mengatasi suatu keadaan lebih mudah dari pada orang lain. Mengetahuikarakteristik
pelajar visual, auditorial, dan kinestetik akan membantu anda mencurahkan diri
pada modalitas belajar terbaik anda.
Mudah untuk mengetahui
modalitas orang lain dalam hidup anda dengan memperhatikan kata-kata apa yang
mereka gunakan ketika mereka berkomunikasi. Kata-kata ini disebut predikat atau
kata-kata proses. Ketika suatu situasi diserap dalam pikiran seseorang, ia
memproses modalitas pilihan orang itu. Begitu anda mengenali predikat
seseorang, anda dapat menjadikannya satu sarana untuk menyesuaikan dengan
bahasa mereka ketika ketika anda berbicara dengan mereka. Selain menggunakan
kata-kata proses yang biasa digunakannya, anda juga dapat menyesuaikan dengan
kecepatannya berbicara. Orang-orang visual berbicara dengan cepat, auditorial
sedang-sedang saja, dan kinestetik lebih lambat.
Kajian investigative
menyimpulkan adanya dua kemingkinan dominasi otak:
·
Persepsi konkret dan abstrak
·
Kemampuan pengaturan secara sekuensial
dan acak
Ini dapat dipadukan
menjadi empat kombinasi kelompok perilaku yang kita sebut gaya brfikir anda.
Gregon menyebut gaya ini, sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret,
acak abstrak. Orang yang termasuk dalam dua kategori sekuensial cenderung
memiliki domonasi otak kiri, sedang orang-orang yang berfikir secara acak
biasanya termasuk dalam dominasi otak kanan.
Mengenai identifikasi
V-A-K, tidak setiap orangharus masuk kedalam salah satu klasifikasinya.
Walaupun demikian, kebanyakan kita cenderung pada yang satu dari pada yang
lainnya. Mengetahui ciri dominasi anda membuat anda bekerja dengannya dan juga
menetapkan cara-cara tersebut untuk menjadi lebih seimbang.
7. Teknik Mencatat Tingkat Tinggi
Mencatat yang efektif
adalah salah satu kemampuan terpenting yang pernah dipelajari orang. Bagi
pelajar, hal ini sering kali berarti perbedaan antara mendapatkan nilai tinggi
atau rendah pada saat ujian. Alasan pertama untuk mencatat adalah meningkatkan
daya ingat. Kebanyakan dari kita mengingat dengan sangat baik ketikakita
menuliskannya. Catatan mental bekerja karena otak terfokus apapun yang bersaing
untuk menarik perhatiannnya pada saat-saat tertentu.
Format
Outline Kuno yang Tidak Praktis.
Kebanyakan diantara
kita pernah diajarkan untuk membuat catatan dengan menggunakan format outline. Cara ini diajarkan kepada kita
oleh guru-guru yang membuat outline dari
catatan atau kuliah mereka, dan berkesimpulan bahwa jika mereka mengajar dalam
bentuk outline, mereka jarang sekali
menyampaikan materi dengan cara yang sama. Mereka lupa pada banyak haldan
mundur kembali untuk mengingatnya. Mereka melantur kemana-mana. Seseorang
bertanya dan guru menjawabnya, sering akli dengan memasukkan materi-materi
penting yang sama sekali tidak ada dalam outline.
Bentuk catatan outline tradisional
biasanya sulit di ikuti dan jarang menampilkan intisari permasalahan yang
sebenarnya.
Bekerja
Sebagaimana Bekerjanya Otak kita
Tujuan anda mencatat
adalah mendapatkan poin-poin kunci dari buku-buku, laporan, kuliah dan
sebagainya. Catatan yang baik dan efektif membantu anda untuk mengingat
detail-detail tentang poin-poin kunci, memahami konsep-konsep utama, dan
melihat kaitannya.
Riset terakhir tentang
bagaimana otak menyimpan dan mengingat informasi telah menghasilkan
teknik-teknik mencatat yang baru. Ini yang memungkinkan anda untuk menjadi
lebih teratur, mengembangkan pemahaman anda, menyimpan informasi lebih lama,
dan memperoleh pandangan baru.
Kiat-Kiat
Tambahan
Mengulas kembali
informasi yang kita dengar dalam jangka waktu dua puluh empat jam adalah kunci
yang penting untuk mengingat. Orang lain suka membuat catatan dalam bentuk yang
berbeda selam pidato atau kuliah, dan kemudian membuat peta pikirannya. Selain
menjadi metode yang efektif dalam pencatatan, peta pikiran berfungsi untuk
pekerjaan-pekerjaan lainnya. Peta pikiran juga ideal untuk menulis dan
mengingat presentasi yang harus anda lakukan karena anda dapat meringkas keseluruhan
isi presentasi dalam satu halaman. Hanya memendang sekilas kertas catatan anda
akan mengingatkan anda pada topik diskusi anda selanjutnya, dengan kata-kata
kunci yang segera membangkitkan ingatan anda. Peta pikiran juga akan berhasil
untuk menulis laporan atau makalah, walaupun anda mungkin memerlukan lebih dari
satu peta untuk topik-topik dengan banyak detail.
Catatan:
TS
Catatan TS adalah
kependekan dari “Catatan Tulis dan Susun”. Ciri yang paling penting dari sistem
ini adalah bahwa catatan ini memudahkan anda untuk mencatat pemikiran dan
kesimpulan pribadi anda bersama-sama dengan bagian-bagian kunci pembicaraan
atau materi bacaan.
Catatan TS adalah cara
menerapkan pikiran sadar maupun bawah sadar anda terhadap materi yang sama
dengan cara sadar. Sebenarnya, kedua pikiran kita bekerja terlepas metode
pencatatan apa yang kita gunakan. Ketika pikiran sadar kita berpusat pada
material dan proses menuangkannya di attas kertas, pikiran bawah sadar kita
bereaksi, membentuk kesan, membuat hubungan-hubungan, dan melakukan keseluruhan
pekerjaan kurang lebih secara otomatis.catatb TS mengkoordinasiakn kedua
aktivitas mental ini untuk mencapai hasil yang lebih efektif.
Memperhatikan
Secara Aktif
Petunjuk dalam bahan
bacaan dapat berupa judul, kata-kata yang dicetak tebal, cetak miring,
gambar-gambar, grafik dan diagram. Beberapa buku mempunyai outline bab yang
berisi topik-topik yang penting.
Partisispasi
Jika anda tidak
memahami sesuatu atau mempunyai pertanyaan tentang masalah itu, tanyakanlah.
Bergabunglah dalam diskusi-diskusi. Sebagian orang merasa ragu, khawatir
tentang pemikiran orang lain, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang
menghadiri suatu pertemuan pada umumnya menganggap pandai orang yang
berpartisipasi. Kerap kali mereka merasa iri atas keberanian orang-orang itu
walaupun terkadang mereka agak kesal dengan interupsi tersebut. Di samping itu,
apa yang terburuk yang dapat dipikirkan orang bahwa anda bersikap egois dalam
menginginkan untuk menambah pengetahuan.
Tinjauan
Awal
Jika anda mengetahui
apa yang aka di bicarakan oleh seorang pembicara, pelajarilah materinya dan
persiapkanlah informasi sebanyak mungkin sebelumnya. Mempunyai sedikit gambaran
sebelumnya akan membantu anda mengenali poin-poin penting selama berlansungnya pidato.
Membuat
yang Auditorial Menjadi Visual
Ketika anda memasukan
satu informasi, abadikanlah gambar-gambar dari informasi itu dengan menambahkan
asosiasi visual seperti simbol-simbol visual, gambar, anak panah, dll. Dengan
cara ini, catatan anda, bahkan ketika dilihat kembali beberapa bulan setelah
itu, akan mengingatkan anda secra langsung pada materi yan anda tahu sangat
penting pada saat itu dan perlu di ingat kembali kini.
Menjadikan
Pengulangan Itu Mudah
Ketika menulis/menyusun
catatan, tulislah pada satu sisi kertas saja. Gunakan lembaran-lembaran lepas,
bukan kertas dalam satu buku. Anda dapat membentangkan kertas itu dihadapan
anda atau menggantungkannya di dinding nantinya, ketika anda perlu melihatnya
kembali.
8.
Menulis Dengan Penuh Percaya Diri
Percaya atau tidak,
kita semua adalah penulis. Di suatu tempat di dalam diri setiap manusia ada
jiwa unik yang berbakat yang mendapatkan kepuasan mendalam karena menceritakan
suatu kisah, menerangkan bagaimana melakukan sesuatu, atau sekedar berbagi rasa
dan pikiran. Dorongan untuk menulis itu sama besarnya dengan dorongan untuk
berbicara, untuk mengkomunikasikan pikiran dan pengalaman kita kepada orang
lain. Untuk paling tidak, menunjukkan kepada mereka siapa kita.
Pengelompokan
Pengelompokan yang
dikembangkan oleh Gabriele Rico adalah suatu cara memilah pemikiran-pemikiran
yang saling berkaitan dan menuangkannya diatas kertas secepatnya, tanpa
mempertimbangkan kebenaran atau nilainya. Suatu pengelompokan yang berbentuk di
atas kertas hampir seperti proses berfikir yang terjadi dalam otak anda.
Walaupun dalam bentuk yang sangat di sederhanakan. Pengelompokan adalah suatu
struktur yang mengalir bebas.
Menulis
Cepat
Menulis cepat membantu
anda mengatasi masalah lembarab kosong dan melihat kemajuan dengan segera. Anda
dapat melakukannya sebelum anda menulis, untuk menjernihkan pikiran anda dari
dialog internal, atau anda dapat langsung melompat masuk dan menggunakannya
untuk menulis topik yang anda pilih.
Anda juga akan
mengalami saat-saat ketika anda tak dapat berfikir tentang hal lain yang harus
ditulis, atau mungkin jari anda yang pegal akan mengalihkan anda dari topic
anda. Jika itu terjadi, tulis saja, “apa lagi, apa lagi, apa lagi” atau “aduh,
tanganku pegal” atau kata-kata apa saja yang muncul dari benak anda sampai
topic anda kembali.
Tahap-Tahap
Proses Penulisan yang Lengkap:
·
Persiapan
·
Draft-kasar
·
Berbagi
·
Memperbaiki
·
Penyuntingan
·
Penulisan kembali
·
Evaluasi
9.
Upayakan Keajaiban-Keajaiban Memori Anda
Kenyataan yang terjadi
adalah bahwa hidup anda penuh dengan janji-janji, pembuatan anggaran,
presentasi kerja, yang mengingat detail-detail khusus dari segala sesuatu
tampaknya merupakan suatu tugas yang mustahil. Itulah sebabnya anda perlu
mempelajari teknik-teknik memori.
Perbedaan
Antara Memori dan Daya Ingat
Ketika orang mengatakan
bahwa mereka tidak mempunyai memori yang baik, sebenarnya mereka berbicara
tentang daya ingat. Mereka mempunyai kesulitan mengingat informasi yang sudah
tersimpan dalam memori mereka. Memori menyimpan apapun dan hanya mengingat apa
yang diperlukannya dan mempunyai arti dalam hidup anda. Perbedaan antara memori
dan daya ingat untuk memahami bagaimana otak menyimpan dan mengingat informasi.
Menciptakan
hubungan-hubungan memori yang baru juga meningkatkan kreatifitas pribadi.untuk
menjadi orang yang mampu memecahkan masalah secara kreatif dan pemkir
konstruktif, kita harus mampu meraih sebebas-bebasnya dan sebanyak-banyaknya
seluruh pengalaman kita, yang merupakan konteks memori kita.
Kunci
Mendapatkan Daya Ingat Istimewa
Kunci untuk mendapat
daya ingat istimewa adalah bagaimana cara kita mengasosiasikan berbagai hal
dalam memori kita. Beberapa asosiasi terjadi dengan sendirinya, anda munkin
bahkan perlu untuk menemukan asosiasi itu, yang akan memerlukan upaya yang
sungguh-sungguh di pihak anda.
Latihan
Mudah Untuk Menghafal
Jika anda harus
menhafal suatu deret fakta atau istilah yang tampaknya tidak berkaitan, anda dapat menghubungkannya dengan cerita
konyol yang membuatnya mudah di hafal.
Sistem
Cantol: Cara Mudah Menghafal Apa Saja
Sistem cantol ini dapat
di gunakan untuk menghafal daftar apa saja. Daftar angka-angka yang dicocokkan
dengan kata-kata berbunyi sama atau penunjuk-penunjuk visual digunakan sebagai
suatu yang tetap, yang menjadi tertanam kuat dalam memori anda. Dan daftar yang
harus anda ingat itu tercakup dalam daftar cantol anda.
Metode
Lokasi
Untuk menggunakan
metode lokasi ini, pilihlah tempat yang akrab dengan anda dan letakkan apa yang
ingin anda ingat di tempat itu.
Kiat-Kiat
Jitu
Semua cara menghafal
baru saja anda pelajari akan sangat berhasil jika dipergunakan satu demi satu,
tetapi akan lebih baik lagi jika saling di kombinasikan. Anda telah melihat
bagaimana metode lokasi dapat di kombinasikan dengan sistem cantol.
10.
Melaju Dengan Kekuatan Membaca
Bagi banyak orang,
membaca adalah suatu tugas yang berat. Pernahkah anda sampai kebagian akhir
sebuah halaman dan bertanya kepada diri anda sendiri,”apa yang baru ku baca
tadi?” seberapa sering anda kembali ke atasdan mengulangi apa yang sudah and
abaca, kadang-kadang sampai tiga atau empat kali? Atau, pernahkah anda terhenti
pada satu kata karena pikiran anda sedang mengembara kemana-mana.
Bab ini akan
mengajarkan kepada anda cara membaca, bukan sebagai tugas yang berat harus
disingkirkan sejauh mungkin, tetapi sebagai keterampilan yang dapat di nikmati
dan memuaskan. Seperti sebagian besar keterampilan belajar dalam buku ini, hal
terpenting yang dapat anda lakukan untukmenjadikan teknik membaca ini berhasil
bagi anda adalah menggunakannya! Semakin sering anda berlatih, semakin cepat
anda dapat membaca dan kita hampir selalu suka melakukan pekerjaan diman kita
berhasil.
Boleh
Saja Membaca Dengan Jari Anda
Walaupun anda telah di
ajarkan untuk tidak membaca dengan menggunakan jari, anda boleh dan harus
membiasakannya lagi kini! Perbedaannya adalah bahwa kini anda akan menggunakan
jari anda untuk menuntun mata anda secara cepat saat membaca bacaan anda.
Triknya adalah selalu menggerakkannya lebih cepat dari pada yang anda kira anda
mampu baca
Bacalah
Gagasannya, Bukan Kata-Katanya.
Kata-kata yang
diginakan seorang penulis adalah alat untuk menyampaikan gagasan-gagasannya,
dan satu-satunya cara anda dapat memahami gagasan tersebut adalah dengan
membaca kata-kata dalam konteks yang berhubungan. Ketika anda membaca kata satu
demi satu, otak anda harus bekerja lebih keras untuk mengartikannya. Membaca
kata satu demi satu bagaikan berusaha untuk mengetahui seperti apa bentuk
boomerang dengan meneliti molekul-molekulnya. Alih-alih membaca masing-masing
kata, dapatkan seluruh gambaran dengan melihat seluruh ungkapan, kalimat, dan
paragrafnya.
Kiat-Kiat
Untuk Memahami Bacaan:
·
Jadilah pembaca yang aktif
·
Baca gagasannya, bukan kata-katanya
·
Libatkan seluruh indera anda
·
Ciptakan minat
·
Buat peta pikiran bahan bacaan tersebut
Ragam
Kecepatan Membaca
Pada dasarnya ada empat
macam cara membaca:
1.
Biasa
2.
Melihat dengan cepat
3.
Mengilas
4.
Kecepatan tinggi
11.
Berfikir Logis, Berfikir Kreatif
Seorang yang kreatif
selalu mempunyai rasa ingin tahu, ingin mencoba-coba, bertualang, suka
bemain-main, serta intuitif dan anda berpotensi untuk menjadi orang kreatif
ini.
Melihat
Proses Pemecahan Masalah
Pada tahun-tahun
terakhir, kita tampaknya dihadapkan pada istilah-istilah baru untuk proses
penyelesaian masalah. Inilah beberapa
istilah-istilah diantaranya, dengan definisi sederhana.
Berpikir
Verrtikal
Suatu proses bergerak
selangkah demi selangkah menuju tujuan anda, seolah-olah anda sedang menaiki
tangga.
Berpikir
Lateral
Melihat permasalahan
anda dari beberapa sudut baru, seolah-olah melompat dari satu tangga ke tangga
lainnya.
Berpikir
Kritis
Berlatih atau
memasukkan penilaian atau evaluasi yang cermat, seperti menilai kelayakan suatu
gagasan atu produk.
Berpikir
Analitis
Suatu proses memecahkan
masalah atau gagasan anda menjadi bagian-bagian. Menguji setiap bagian untuk melihat bagaimana
bagian tersebut saling cocok satu sama lain, dan mengeksplasi bagaimana
bagian-bagian ini dapat dikombinasikan kembali dengan cara-cara baru.
Berpikir
Strategis
Mengembangkan strategi
khusus untuk perencanaan dan arah operasi-operasi skala besar dengan melihat
proyek itu dari semua sudut yang memungkinkan.
Berpikir
Tentang Hasil
Menuju tugas dari
perspektif solusi yang dikehendaki.
Berpikir
Kretif
Efek “bola lampu” yang
terjadi ketika anda menyusun kembali fakta-fakta yang ada dan muncul dengan
pandangan baru tentang masalah itu. (Hal
ini hampir selalu melibatkan berpikir lateral)
Sejak awal hingga
akhir, penyelesaian masalah yang kreatif berjalan melalui tahap-tahap khusus
ini:
·
Persiapan
·
Inkubasi
·
Iluminasi
·
Verifikasi
·
Aplikasi
Meletakkan
Dasar
Semua upaya besar yang
kreatif dari teori-teori terobosan Einstein hingga kampanye iklan
besar-besaran, hingga program pengembangan diri yang ambisius harus mempunyai
dasaryang kukuh. Inilah cara bagaimana
anda meletakkan dasar tersebut.
Bagaimana
Rasanya Hidup Dalam Solusi Anda Sendiri?
Pikirkanlah solusi daripada masalah, dan selaraskan diri anda dengan
keberhasilan. Dengan kata lain,
bayangkan bagaimana rasanya “hidup dalam solusi anda”. Inilah cara ampuh untuk tiba pada cara agar
menjadi solusi itu muncul. Ini juga
menciptakan tekanan antara masalah dan solusi.
Tekanan ini mempunyai kecenderungan alamiah untuk menguraikan dirinya
menjadi positif.
Pergeseran
Paradigma Atau “Berganti Tangga”
Berpikir kreatif
bukanlah masalah bekerja lebih keras ini adalah masalah berpikir secara
berbeda. Sering kali ini melibatkan
gejala berpikir lateral yang disebut “penggeseran paradigma”
Suatu paradigma adalah
seperangkat aturan yang kita gunakan untuk mengevaluasi informasi dan
menyatukannya kedalam hidup kita. Setiap orang mempunyai paradigma sendiri
berdasarkan pada pengalaman hidupnya. Paradigma-paradigma ini bermanfaat bagi
anda dalam banyak hal. Tetapi, paradigm juga bisa membatasi. Paradigma dapat
menyembunyikan peluang dari anda, hanya karena kerangka berfikir anda tidak
mengakui keberadaan peluang.
Curah-Gagasan
Curah-Gagasan adalah
teknik penyelesaian masalah yang dapat digunakan baik secara individual maupun
kelompok. Hal ini mencakup pencatatan gagasan-gagasan yang terjadi spontan
dengan cara tidak menghakimi. Ini didasarkan pada premis bahwa untuk
mendapatkan ide-ide besar yang sebenarnya, anda harus memiliki untuk dapat
memilih.
Kiat-Kiat
Jitu Untuk Berfikir Kreatif
Jika anda pernah
berhasil, anda tahu bahwa anda mampu melakukannya lagi. Ingatkanlah diri anda
tentang hal itu pada saat anda meggarap suatu tantangan.
12.
Menjadikan Quantum Learning Melejit
Untuk menjadi pelajar Quantum, kita harus mampu mengolah
informasi dengan dua cara: denagan mengasimilasikan potongan-potongan materi
sekaligus. Dan, dengan mengembangkan pemahaman kita tentang satuan-satuan kecil
ini untuk mengetahui bagaimana satuan-satuan ini beroperasi dalam skala besar
dalam kaitannya dengan faktor-faktor
lainnya. Biasanya orang lebih mudah belajar dengan satu atau lain cara, tetapi
adalah penting untuk mampu melakukan kedua-duanya.
Kalau anda ragu bahwa
anda memiliki perangkat mental penting untuk menjadi pelajar Quantum, ingatlah bahwa otak yang anda
miliki sejak lahir secara fisiologis sama dengan otak orang-orang yang terkenal
dengan kejeniusannya. Ini berarti bahwa otak anda mencapai kebesaran yang sama dengan otak
orang-orang yang mempunyai kemampuan mental yang tinggi; anda hanya perlu
belajar bagaimana membimbingnya menuju kebesaran anda sendiri.
Kiat-Kiat
Jitu
Inilah kiat-kiat yang
paling jitu dari masing-masing bab untuk membantu anda mempelajari Quantum learning.
Temukanlah
Manfaat Dari Segala Sesuatu Yang Anda Lakukan
Buatlah permainan dari
hal itu, kalau diperlukan.
Berikan
Pujian Untuk Diri Anda
Bicarakanlah tentang
diri anda dengan cara positif, dan hindarilah orang yang memberi anda umpan
balik yang negatif, yang tidak anda perlukan.
Ubahlah umpan-balik negatif dengan cara sepositif mungkin. Misalnya, dari pada mengambil
komentar-komentar negatif secara pribadi, lebih baik katakan kepada diri anda,
“Hmm.... dia pasti mengalami hari yang
sangat buruk sehingga mengucapkan hal seperti itu kepadaku.” Yakinlah anda dapat mencapai tujuan anda karena
kalau anda yakin, maka anda akan berhasil.
Ciptakan
Zona Aman Bagi Diri Anda…
Di rumah, dan secara
bertahap perluasan hingga ketempat kerja anda, di luar rumah, di tempat
ceramah, dalam masyarakat, dan seterusnya.
Ambil langkah-langkah diluar zona aman anda karena hal inilah yang
memaksa zona tersebut untuk meluas.
Mundurlah kedalam untuk menggabungkan informasi baru dan kumpulkan
energi anda.
Sadarilah
Cara Belajar Anda…
Dalam setiap
situasi. Lakukan penyesuaian-penyesuaian
untuk membantu diri anda menerima masukan, dan bentulah orang-orang lain untuk
menerima masukan dari anda.
Gunakanlah
Satu Atau Kedua Teknik Pencatatan…
Yang telah anda
pelajari dalam sebanyak mungkin kesempatan. Keduanya dapat dipergunakan untuk
semua alasan anda untuk menulis. Inilah keterampilan gergaji. Anda akan semakin
terampil menggunakannya setelah berlatih, dan anda akan menemukan semakin
banyak manfaat dalam kedua metode ini
Anggaplah
Menulis Sebagai Kreatifitas Yang Menyenangkan….
Di mana setiap pribadi
mempunyai bakat yang unik, dan ingat bahwa anda mempunyai banyak cara untuk
mengatasi hambatan penulis dan kemampuan untuk menulis secara kreatif.
Pahamilah
Semua Kecepatan Membaca Yang Berbeda Yang Tersedia Bagi Anda…
Variasikan kecepatan
anda menurut materi bacaan yang ada. Latihlah teknik membaca dengan kecepatan
tinggi sesering mungkin karena ini juga merupakan keterampilan gergaji yang
memerlukan konsentrasi dan latihan yang berulang-ulang sebelum menjadi ahli.
Katakanlah
Pada Diri Anda Bahwa Terdapat Kesempatan Untuk Berfikir Secara Kreatif Dalam
Setiap Situasi…
Lalu upayakanlah untuk
melakukannya! Hal ini munkin akan terasa menegangkan pada mulanya, tetapi akan
menjadi semakin lebih terbiasa bila anda sering melakukannya. Pada akhirnya,
orang akan mulai menjuluki anda sebagai orang yang kreatif dan julukan ini
sendiri akan makin memperkuat citra diri anda, dan anda pun akan menjadi lebih kreatif lagi.
Kiat-Kiat
untuk Quantum Learning:
·
Temukan satu manfaat
·
Berikan pujian positif untuk diri anda
·
Ciptakan tempat yang aman untuk bekerja
·
Sadarilah cara belajar anda
·
Gunakan peta pikiran dan catatan TS
·
Anggaplah menulis sebagai hal yang
menyenangkan
·
Ketahuilah kecepatan membaca anda
·
Berfikirlah secara kreatif dalam segala
situasi
·
Ingatlah untuk mengingat
Daftar
Rujukan
Buzan, Tony. 1989. Use Both Sides of Your Brain, 3rd ed. New York: Penguin
Books.
Agardy, Franklin J. 1981. How To Read Faster and Better. New York:
Simon & Schuster.
Caplan, Rebekah. Writers in Training. Palo Alto, Calif: Dale Seymour Publications.
Debono, Edward. 1973. Lateral Thinking, Creatifity step by step.
New York: Harper & Row.
Armstrong, Thomas. 1987. In Their Own way. Los Angeles: Jeremy P.
Tarcher.
Armstrong, Thomas. 1991. Awakening Your Child’s Natural Genius. Los Angeles: Jeremy P.
Tarcher
Buzan, Tony. 1988. Make the Most of Your Mind. New York: Simon & Schuster.
Wujec, Tom.1988. Pumping Ions. New York: Double Day & Co.
Jensen, Eric. 1989. Student Success Secrets. New York: Barron’s Educational Series.
Peoples, David A. 1988. Presentation
Plus. New York: john wiley & Sons.
Heider, John. 1984. Tao of Leadership.
Atalanta, Ga: Humanics, Ltd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar