Selasa, 15 Mei 2012

Quantum Learning


1.   Belajar Kembali Tentang Cara Belajar
Semua jalan Menuju Keberhasilan
Di SuperCamp, semua kurikulum secara harmonis merupakan kombinasi dari tiga unsur:keterampilan akademis, prestasi fisik, dan keterampilan dalam hidup.  Yang mendasari kurikulum ini adalah filsafat dasar.
Untuk mendukung falsafah ini, kami sangat berhati-hati dalam mempersiapkan lingkungan sehingga semua siswa merasa penting, aman, dan nyaman.  Ini dimulai dengan lingkungan fisik sebenarnya, yang diperindah dengan tanaman, seni, dan musik.  Ruangan harus terasa pas  untuk kegiatan belajar seoptimal mungkin.
Lingkungan emosional juga penting.  Dalam program kami, para pembimbing adalah para pakar yang membentuk jalinan penting, dan setelah mereka memantapkan daerah aman secara emosional, mereka menghadapkan para siswa pada tantangan-tantangan di mana mereka memperoleh kesuksesan waktu demi waktu.  Inilah pengalaman yang sangat menunjang.
Kurikulum di SuperCamp adalah kombinasi dari beberapa unsur, dikembangkan dari suatu falsafah  bahea belajar dapat dan harus menyenangkan. Tantangan-tantangan fisik digunakan sebagai metafora untuk mempelajari terobosan-terobosan belajar – pergeseran peradigma tentang belajar.
            Buku ini memberikan kepada anda 20% informasi dan SuperCamp yang membuat 80% perbedaan dalam cara belajar anda.  Dua puluh persen yang amat penting ini mencakup bidang dan keterampilan berikut ini :
·         Bersikap positif
·         Termotivasi
·         Menemukan cara belajar anda
·         Menciptakan lingkungan belajar yang sempurna
·         Membaca dengan cepat
·         Membuat catatan yang efektif
·         Mempelajari teknik menulis yang canggih
·         Berfikir kreatif
·         Mengembangkan hafalan yang menakjubkan
Kiat-kiat terbaik, informasi yang sangat membantu, dan teknik-teknik yang sangat efektif untuk keistimewaan belajar, semua ada di sini, diantara sampul buku ini.
Manfaat Quantum Learning :
§  Sikap positif
§  Motivasi
§  Keterampilan belajar seumur hidup
§  Kepercayaan diri
§  Sukses
Metode Quantum learning
Quantum learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutkan sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”.  Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apa pun  memberikan sugesti positif ataupun negatif.  Beberapa teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah mendudukkan murit secara nyaman, memasang musik latar di dalam kelas, meningkatkan prestasi individu, menggunakan poster-poster untuk memberi kesanbesar sambil menonjolkan informasi, dan menyediakan guru-guru yang terlatih baik dalam seni pengajaran sugestif.
Istilah lain yang hamper dapat dipertukarkan dengan suggestology  adalah “pemercepatan belajar” (accelerated learning).  Pemercepatan belajar didefinisikan sebagai “memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan yang mengesankan, dengan upaya yang normal, dan dibarengi kegebiraan”.  Cara ini menyatukan unsure-unsur yang secara sekilas tampak tidak mempunyai persamaan ; hiburan, permainan, warna, cara berfikir positif, kebugaran fisik, dan kesehatan emosional.  Namun secara unsur ini bekerja sama untuk menghasilkan pengalaman belajar yang efektif.
Quantum Learning mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik(NLP), yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak mengtur informasi.  Program ini meneliti hubungan antar bahasa dan prilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan jalinan pengertian antara siswa dan guru.  Para pendidik dengan mengetahuan NLP mengetahui bagaimana menggunakan bahasa yang positif untuk meningkatkan tindakan-tindakan positif –faktor penting untuk merangsang fungsi otak yang paling efektif.  Semua ini dapat pula menunjukkan dan menciptakan gaya belajar terbaik dari setiap orang, dan menciptakan “pegangan” dari saat-saat keberhasilan yang meyakinkan.
Quantum Learning menggabung sugestologi, teknik pemercepatan belajar, dan NLP dengan teori, keyakinan, dan metode kami sendiri.  Termasuk di antaranya konsep-konsep kunci dari berbagaiteori dan strategi belajar yang lain, seperti :
§  Teori otak kanan/kiri
§  Teori otak triune(3 in 1)
§  Pilihan modalitas (visual, auditorial, dan kinestetik)
§  Teori kecerdasan ganda
§  Pendidikan holistik (menyeluruh)
§  Belajar berdasarkan pengalaman
§  Belajar dengan simbol (Metaphoric learing)
§  Simulasi/ permainan

2.   Kekuatan pikiran anda yang tidak terbatas
kita semua dilahirkan dengan rasa ingin tahu yang tak pernah terpuaskan.  Dan kita semua mempunyai alat-alat yang kita perlakukan untuk memuaskannya.  Pernahkah anda memperhatikan seorang bayi yang meneliti dengan seksama sebuah mainan baru? Ia memasukkannya kedalam mulut untuk mengetahui rasanya.  Ia menggoyangkannya, mengangkatnya, dan memutarkannya perlahan-lahan sehingga ia bias melihat berbagai setiap sisinya terkena cahaya.  Ia menempelkannya di telinga, menjatuhkannya ke lantai dan mengambilnya kembali, membongkar bagian-bagiannya dan menyelidikinya satu demi satu.
Proses penelitian ini, kini , disebut belajar secara menyeluruh(global learning).  Global learning merupakan cara efektif dan ilmiah bagi seorang manusia untuk mempelajari bahwa otak seorang anak sehingga usia enam atau tujuh tahun adalah seperti spons, menyerap berbagai fakta, sifat-sifat fisik, dan kerumitan bahasa yang kacau dengan cara yang menyenangkan dan bebas-stres.  Proses ini juga ditambah dengan faktor-faktor umpan balik positif dan rangsangan dari lingkungan, dan anda telah menciptakan kondisi yang sempurna untuk belajar apa saja.
Anda berhasil mencapai prestasi mengagumkan pada tahun-tahun awal kehidupan anda, berkat kekuatan pikiran anda yang menakjubkan.
Pada 1982, jack canfield, pakar masalah kepercayaan-diri, melaporkan hasil penelitian di mana seratus anak ditunjukkan untuk seorang periset selama satu hari.  Tugas periset adalah mencatat berapa banyak komentar posetif dan negatif yang diterima seorang anak dalam sehari.  Penemuan canfield adalah bahwa setiap anak rata-rata menerima 460 komentar negative atau kritik dan hanya75 komentar positif atau ang bersifat mendukung.  Jadi, komentar negatif enam kali lebih banyak disbanding komentar positif!
Umpan balik negatif yang kontinu ini sangat berbahaya.  Setelah beberapa tahun bersekolah, “kemerdekaan belajar” yang sesungguhnya benar-benar terjadi, dan anak-anak menghalangi/menutupi pengalaman belajar mereka secara tidak sadar. Saat di sekolah dasar, kata belajar itu sendiri bisa membuat murid merasa tegang dan terbebani.
Pada saat yang hampir bersamaan pada kemerdekaan belajar itu terjadi, sekolah tradisional beralih dari pendekatan “global learning” yang menyenangkan dan holistik (menyeluruh)menjadi pendekatan kaku, linear, dan  berorientasi bahasa.  Kini, guru mengharap  siswa untuk duduk diam selama satu jam atau lebih, dalam deretan bangku-bangku yang sejajar menghadap ke depan.  Guru berdiri dan mengajarkan subjek tertentu.  Hilanglah permainan dan kegiatan kelompok, aktivitas seni yang menari, sentuhan-sentuhan hangat, dan semua aspek “bebes” sekolah kanak-kanak.  Dengan berjalannya semua ini, proses pendidikan berubah dari global learning masa kanak-kanak manjadi suatu sistem yang menitikberatkan otak kiri “ketakseimbangan” ini membuat banyak siswa merasa tidak mempunyai inspirasi dan tidak berharga.
Masing-masing bagian otak anda bertanggung jawab atas fungsi yang berbeda-beda.
1.     Batang atau otak reptilia
·       Fungsi Motor Sentorik
·       Kelangsungan Hidup
·       “Hadapi atau Lari”
2.     Sistem limbik atau otak mamalia –
·       Perasaan/Emosi
·       Memori
·       Bioritmik
·       Sistim Kekebalan
3.     Neokorteks atau otak berfikir –
·       Berfikir Intelektual
·       Penalaran
·       Prilaku Waras
·       Bahasa
·       Kecerdasan yang Tebih Tinggi
Bagaimana dan Kapan Kecerdasan Berkembang
Semua kecerdasan yang lebih tinggi, termasuk intuisi, ada dalam otak sejak lahir. Dan selama lebih dari tujuh tahun pertama kehidupan, kecerdasan ini dapat disingkapkan jika diraway dengan baik.
Agar kecerdasan-kecerdasan ini terwat secara baik ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
·      Striktur syaraf bagian bawah harus cukup berkembang agar energi dapat mengalir ke tingkat yang lebih tinggi.
·      Anak harus merasa aman secara fisik dan emosional.
·      Harus ada model untuk memberikan rangsangan yang wajar.
Banyak Kecerdasan yang Lebih Tinggi atau “cara-cara mengetahui” yang telah telah teridentifikasi.
§  Linguistik
§  Matematika
§  Visual/spasial
§  Musikal
§  Interpersonal
§  Intrapersonal
§  Intuisi
Supaya mendapatkan ingatan yang tinggi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa, seorang siswa harus mendalami secara total suatu pelajaran. Di SuperChamp, bahan-bahan pelajaran diberikan dalam kelas-kelas intensif sehari penuh.
Cara Berfikir Otak Kanan dan Otak Kiri
Tiga bagian otak anda juga dibagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri. Kini belahan ini lebih dikenal sebagai “otak kanan”dan”otak kiri”. Eksperimen terhadap dua belahan tersebut telah menunjukkan bahwa  masing-masing belahan bertanggung jawab terhadap cara berfikir, dan masing-masing mempunyai spesialisasi dalam kemampuan-kemampuan tertentu, walaupun ada beberapa persilangan dan interaksi antara kedua sisi.

3. Kekuatan AMBAK: Apa Manfaatnya BAgiKu?
Dalam banyak situasi, menemukan AMBAK sama saja dengan menciptakan minat dalam apa yang sedang anda pelajari dengan menghubungkannya dengan “dunia nyata”. Ini terutama benar dalam situasi belajar yang formal. Anda harus mencari cara untuk menjadikannya berarti bagi hidup anda sendiri.
Menciptakan minat, mudah untuk beberapa subjek dan lebih sulit untuk subjek-subjek lainnya. Namun, anda selalu dapat menemukan sesuatu yang menarik bagi anda. Peluangnya adalah bahwa anda sudah termotivasi mempelajari suatu informasi untuk beberapa alasan.
Menciptakan minat juga memiliki keuntungan intrinsiknya, ketika anda menciptakan minat dalam suatu subjek, anda kerap mendapati bahwa hal itu membawa anda kepada minat baru dibidang lainnya. Menembangkan bidang-bidang baru ini menimbulkan kepuasan tersendiri, dan juga minat baru lainnya. Karena itu di permukaan, belajar aktif mungkin kedengarannya melelahkan, tetapi sebenarnya itu memberi kekuatan.
AMBAK dan Quantum Learning      
Jika anda bertanggung jawab atas hidup anda anda akan mulai membuat segalanya terjadi dan bukan sekedar membiarkannya. Belajar aktif adalah masuk kedalam kehidupan, bukan membiarkan hidup mengombang-ambingkan anda.
Semakin banyak pengetahuan yang anda miliki, semakin banyak pilihan yang anda miliki ketika menghadapi situasi yang menantang. Semakin banyak pilihan anda, semakin besar kekuatan pribadi yang anda miliki. Kekuatan pribadi merupakan suatu jenis kekuatanyang anda lihat pada orang-orang yang sepenuhnya bertanggung jawab atas diri mereka, pada orang-orang yang membuat keputusan dengan keyakinan karena mereka mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang benar bagi diri mereka.

4. Menata Pentas
Bagi pelajar Quantum, faktor-faktor lingkungan sama dengan penataan yang dilakukan oleh kru panggung. Cara anda menata perabotan, musik yang anda pasang, pentaan cahaya, dan bantuan visual di diniding dan papan iklan, semua merupakan kunci-kunci yang menciptakan linkungan belajar yang optimal.
Jika di tata dengan baik, lingkungan anda dapat menjadi sarana yang bernilai dalam membangun dan mempertahankan sikap positif. Dengan mengatur lingkungan anda, anda mengambil langkah pertama yang efektif untuk mengatur pengalaman belajar anda secara keseluruhan.
Lingkungan Mikro: Tempat Anda Untuk Bekerja dan Berekreasi.
Semua ini dimulai dari ruang pribadi anda, tempat bekerja dan belajar. Mengubah tempat ini menjadi tempat yang optimal adalah tugas anda karenanya hanya anda yang dapat mengatur detail sehinnga cocok bagi anda.
Iringan Musik: kunci Menuju Quantum Learning
Alasan mengapa musik sangat penting untuk lingkungan Quantum Learning adalah karena musik sebenarnya berhubungan dan mempengaruhi kondisi fisiologis anda. Selama melakukan pekerjaan mental yang berat, tekanan darah dan denyut jantung anda cenderung meningkat. Gelombang-belombang otak anda meningkat, dan otot-otot anda menjadi tegang. Selam relaksasi dan meditasi, denyut jantung dan tekanan darah menurun, dan otot-otot mengendur. Biasanya, akan sulit berkonsentrasi ketika anda bebar-benar rileks, dan sulit untuk rileks ketika anda berkonsentrasi penuh.
Ada teori yang menyatakan bahwa dalam situasi otak kiri sedang bekerja, seperti mempelajari materi baru, musik akan membangkitkan reaksi otak kanan yang intuitif dan kreatif sehingga masukannya dapat dipadukan dengan keseluruhan proses. Memasang musik adalah cara efektif untuk menyibukkan otak kanan anda ketika sedang berkonsentrasi pada aktivitas-aktivitas otak kiri.
Berinteraksi dengan lingkungan juga berarti meb=ngambil peluang-peluang yang akan datang dan menciptakan peluang jika tidak ada. Interaksi dengan lingkungan berarti mengadakan perubahan. Diperlukan melebarkan langkah untuk memasuki sesuatu yang baru. Langkah yang anda buat karena mengubah sesuatu dalam hidup anda, akan melebarkan zona aman anda dan simpanan pengetahuan pribadi anda. Ini juga akan membuka mata anda terhadap hal-hal baru di lingkungan tersebut.
Konsolidasi
Di SuperChamp, jeda yang berulang-ulang merupakan persyaratan untuk setiap jenis sesi belajar. Jeda sangat penting hingga kami kadang-kadang membiarkan para siswa menentukan kapan waktu jedanya.

5. Memupuk Sikap Juara
Berfikir seperti orang juara membuat anda menjadi juara. Itulah pentingnya mengetahui bagaiman memupuk sikap juara. Dalam kemampuan belajar aset anda yang paling berharga adalah sikap positif. Kalu anda mempunyai harapan yamg tinggi terhadap diri anda, harga diri yang tinggi, dan keyakinan bahwa anda akan berhasil, anda akan memperoleh prestasi tinggi. Mantapkanlah untuk mempunyai sikap positif, dan segalanya akan segera berubah. Kemungkinan akan menjadi probabilitas dan keterbatasan menjadi peluang. Satu-satunya kegagalan dalam hidup adalah kegagalan untuk mencoba.
Dalam segala situasi, kita dapat membayangkan sejumlah skenario yang mungkin. Satu diantara interpretasi masalah yang ada dalam kehidupan akan menimbulkan pemikiran negatif, dan menyakitkan pikiran anda, sedang yang lainnya akan menghasilkan pemikiran netral atau positif. Jika anda memilih energi negatif, ini mempengaruhi cara anda memandang dirri anda, tetapi jika anda selalu memilih scenario yang positif, kerangka pikiran anda akan memdukung terciptanya hubungan efektif yang berhasil baik. Hal ini berlaku untuk harapan dan juga penjelasan. Kalau anda mengharapkan yang terbaik, berarti anda mengundang yang terbaik untuk menjadi kenyataan. Mengharapkan yang terburuk, maka anda mengundang bencana.

6. Menemukan Gaya Belajar Anda  
Gaya belajar anda adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di seko;lah, dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika anda menyadari bagaimana anda dan orang lain menyerap dan mengolah informasi, anda dapat menjadikan belajar dan berkomunikasi labih mudah dengan gaya anda sendiri.
Dengan bekerja secara bebas,para peneliti berbagai gaya belajar, yang berkisar dari psikologi hingga peltihan manajemen, telah mendapatkan penemuan-penemuan yang saling memperkuat dengan konsistensi yang mengagumkan.
Jika anda akrab dengan gaya belajar anda sendiri, anda dapat mengambil langkah-langkah penting untuk membantu diri anda belajar lebih cepat dan lebih mudah. Dan juga dengan mempelajari bagaimana memahami cara belajar orang lain, hal itu dapat membantu anda memperkuat hubungan anda dengan mereka,
Jika anda tidak dapat melihat atau mendengar, atau jika anda tidak dapat merasakan tekstur, bentuk, temperature, atau berat,atau penolakan di lingkungan, berarti anda sama sekali tidak mempunyai gaya belajar. Kebanyakan kita belajar dengan banyak gaya, namun kita biasanya lebih menyukai satu cara dari pada yang lainnya. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka lebih suka pada satu gaya karena tak ada sesuatu yang eksternal yang mengtakan kepada mereka bahwa mereka berbeda dari orang lain. Mengetahui bahwa terdapat perbedaan besar dalam menjelaskan hal-hal seperti mengapa kita mempunyai masalah dalam memahamidan berkomunikasi dengan beberapa orang, dan tidak bermasalah dengan orang lain, dan mengapa kita dapat mengatasi suatu keadaan lebih mudah dari pada orang lain. Mengetahuikarakteristik pelajar visual, auditorial, dan kinestetik akan membantu anda mencurahkan diri pada modalitas belajar terbaik anda.
Mudah untuk mengetahui modalitas orang lain dalam hidup anda dengan memperhatikan kata-kata apa yang mereka gunakan ketika mereka berkomunikasi. Kata-kata ini disebut predikat atau kata-kata proses. Ketika suatu situasi diserap dalam pikiran seseorang, ia memproses modalitas pilihan orang itu. Begitu anda mengenali predikat seseorang, anda dapat menjadikannya satu sarana untuk menyesuaikan dengan bahasa mereka ketika ketika anda berbicara dengan mereka. Selain menggunakan kata-kata proses yang biasa digunakannya, anda juga dapat menyesuaikan dengan kecepatannya berbicara. Orang-orang visual berbicara dengan cepat, auditorial sedang-sedang saja, dan kinestetik lebih lambat.
Kajian investigative menyimpulkan adanya dua kemingkinan dominasi otak:
·         Persepsi konkret dan abstrak
·         Kemampuan pengaturan secara sekuensial dan acak
Ini dapat dipadukan menjadi empat kombinasi kelompok perilaku yang kita sebut gaya brfikir anda. Gregon menyebut gaya ini, sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, acak abstrak. Orang yang termasuk dalam dua kategori sekuensial cenderung memiliki domonasi otak kiri, sedang orang-orang yang berfikir secara acak biasanya termasuk dalam dominasi otak kanan.
Mengenai identifikasi V-A-K, tidak setiap orangharus masuk kedalam salah satu klasifikasinya. Walaupun demikian, kebanyakan kita cenderung pada yang satu dari pada yang lainnya. Mengetahui ciri dominasi anda membuat anda bekerja dengannya dan juga menetapkan cara-cara tersebut untuk menjadi lebih seimbang.

7.  Teknik Mencatat Tingkat Tinggi
Mencatat yang efektif adalah salah satu kemampuan terpenting yang pernah dipelajari orang. Bagi pelajar, hal ini sering kali berarti perbedaan antara mendapatkan nilai tinggi atau rendah pada saat ujian. Alasan pertama untuk mencatat adalah meningkatkan daya ingat. Kebanyakan dari kita mengingat dengan sangat baik ketikakita menuliskannya. Catatan mental bekerja karena otak terfokus apapun yang bersaing untuk menarik perhatiannnya pada saat-saat tertentu.
Format Outline Kuno yang Tidak Praktis.
Kebanyakan diantara kita pernah diajarkan untuk membuat catatan dengan menggunakan format outline. Cara ini diajarkan kepada kita oleh guru-guru yang membuat outline dari catatan atau kuliah mereka, dan berkesimpulan bahwa jika mereka mengajar dalam bentuk outline, mereka jarang sekali menyampaikan materi dengan cara yang sama. Mereka lupa pada banyak haldan mundur kembali untuk mengingatnya. Mereka melantur kemana-mana. Seseorang bertanya dan guru menjawabnya, sering akli dengan memasukkan materi-materi penting yang sama sekali tidak ada dalam outline. Bentuk catatan outline tradisional biasanya sulit di ikuti dan jarang menampilkan intisari permasalahan yang sebenarnya.
Bekerja Sebagaimana Bekerjanya Otak kita
Tujuan anda mencatat adalah mendapatkan poin-poin kunci dari buku-buku, laporan, kuliah dan sebagainya. Catatan yang baik dan efektif membantu anda untuk mengingat detail-detail tentang poin-poin kunci, memahami konsep-konsep utama, dan melihat kaitannya.
Riset terakhir tentang bagaimana otak menyimpan dan mengingat informasi telah menghasilkan teknik-teknik mencatat yang baru. Ini yang memungkinkan anda untuk menjadi lebih teratur, mengembangkan pemahaman anda, menyimpan informasi lebih lama, dan memperoleh pandangan baru.
Kiat-Kiat Tambahan
Mengulas kembali informasi yang kita dengar dalam jangka waktu dua puluh empat jam adalah kunci yang penting untuk mengingat. Orang lain suka membuat catatan dalam bentuk yang berbeda selam pidato atau kuliah, dan kemudian membuat peta pikirannya. Selain menjadi metode yang efektif dalam pencatatan, peta pikiran berfungsi untuk pekerjaan-pekerjaan lainnya. Peta pikiran juga ideal untuk menulis dan mengingat presentasi yang harus anda lakukan karena anda dapat meringkas keseluruhan isi presentasi dalam satu halaman. Hanya memendang sekilas kertas catatan anda akan mengingatkan anda pada topik diskusi anda selanjutnya, dengan kata-kata kunci yang segera membangkitkan ingatan anda. Peta pikiran juga akan berhasil untuk menulis laporan atau makalah, walaupun anda mungkin memerlukan lebih dari satu peta untuk topik-topik dengan banyak detail.
Catatan: TS 
Catatan TS adalah kependekan dari “Catatan Tulis dan Susun”. Ciri yang paling penting dari sistem ini adalah bahwa catatan ini memudahkan anda untuk mencatat pemikiran dan kesimpulan pribadi anda bersama-sama dengan bagian-bagian kunci pembicaraan atau materi bacaan.
Catatan TS adalah cara menerapkan pikiran sadar maupun bawah sadar anda terhadap materi yang sama dengan cara sadar. Sebenarnya, kedua pikiran kita bekerja terlepas metode pencatatan apa yang kita gunakan. Ketika pikiran sadar kita berpusat pada material dan proses menuangkannya di attas kertas, pikiran bawah sadar kita bereaksi, membentuk kesan, membuat hubungan-hubungan, dan melakukan keseluruhan pekerjaan kurang lebih secara otomatis.catatb TS mengkoordinasiakn kedua aktivitas mental ini untuk mencapai hasil yang lebih efektif.
Memperhatikan Secara Aktif
Petunjuk dalam bahan bacaan dapat berupa judul, kata-kata yang dicetak tebal, cetak miring, gambar-gambar, grafik dan diagram. Beberapa buku mempunyai outline bab yang berisi topik-topik yang penting.
Partisispasi
Jika anda tidak memahami sesuatu atau mempunyai pertanyaan tentang masalah itu, tanyakanlah. Bergabunglah dalam diskusi-diskusi. Sebagian orang merasa ragu, khawatir tentang pemikiran orang lain, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menghadiri suatu pertemuan pada umumnya menganggap pandai orang yang berpartisipasi. Kerap kali mereka merasa iri atas keberanian orang-orang itu walaupun terkadang mereka agak kesal dengan interupsi tersebut. Di samping itu, apa yang terburuk yang dapat dipikirkan orang bahwa anda bersikap egois dalam menginginkan untuk menambah pengetahuan.
Tinjauan Awal
Jika anda mengetahui apa yang aka di bicarakan oleh seorang pembicara, pelajarilah materinya dan persiapkanlah informasi sebanyak mungkin sebelumnya. Mempunyai sedikit gambaran sebelumnya akan membantu anda mengenali poin-poin penting selama berlansungnya pidato.
Membuat yang Auditorial Menjadi Visual
Ketika anda memasukan satu informasi, abadikanlah gambar-gambar dari informasi itu dengan menambahkan asosiasi visual seperti simbol-simbol visual, gambar, anak panah, dll. Dengan cara ini, catatan anda, bahkan ketika dilihat kembali beberapa bulan setelah itu, akan mengingatkan anda secra langsung pada materi yan anda tahu sangat penting pada saat itu dan perlu di ingat kembali kini.
Menjadikan Pengulangan Itu Mudah
Ketika menulis/menyusun catatan, tulislah pada satu sisi kertas saja. Gunakan lembaran-lembaran lepas, bukan kertas dalam satu buku. Anda dapat membentangkan kertas itu dihadapan anda atau menggantungkannya di dinding nantinya, ketika anda perlu melihatnya kembali.
8. Menulis Dengan Penuh Percaya Diri
Percaya atau tidak, kita semua adalah penulis. Di suatu tempat di dalam diri setiap manusia ada jiwa unik yang berbakat yang mendapatkan kepuasan mendalam karena menceritakan suatu kisah, menerangkan bagaimana melakukan sesuatu, atau sekedar berbagi rasa dan pikiran. Dorongan untuk menulis itu sama besarnya dengan dorongan untuk berbicara, untuk mengkomunikasikan pikiran dan pengalaman kita kepada orang lain. Untuk paling tidak, menunjukkan kepada mereka siapa kita.
Pengelompokan
Pengelompokan yang dikembangkan oleh Gabriele Rico adalah suatu cara memilah pemikiran-pemikiran yang saling berkaitan dan menuangkannya diatas kertas secepatnya, tanpa mempertimbangkan kebenaran atau nilainya. Suatu pengelompokan yang berbentuk di atas kertas hampir seperti proses berfikir yang terjadi dalam otak anda. Walaupun dalam bentuk yang sangat di sederhanakan. Pengelompokan adalah suatu struktur yang mengalir bebas.
Menulis Cepat
Menulis cepat membantu anda mengatasi masalah lembarab kosong dan melihat kemajuan dengan segera. Anda dapat melakukannya sebelum anda menulis, untuk menjernihkan pikiran anda dari dialog internal, atau anda dapat langsung melompat masuk dan menggunakannya untuk menulis topik yang anda pilih.
Anda juga akan mengalami saat-saat ketika anda tak dapat berfikir tentang hal lain yang harus ditulis, atau mungkin jari anda yang pegal akan mengalihkan anda dari topic anda. Jika itu terjadi, tulis saja, “apa lagi, apa lagi, apa lagi” atau “aduh, tanganku pegal” atau kata-kata apa saja yang muncul dari benak anda sampai topic anda kembali.
Tahap-Tahap Proses Penulisan yang Lengkap:
·         Persiapan
·         Draft-kasar
·         Berbagi
·         Memperbaiki
·         Penyuntingan
·         Penulisan kembali
·         Evaluasi

9. Upayakan Keajaiban-Keajaiban Memori Anda
Kenyataan yang terjadi adalah bahwa hidup anda penuh dengan janji-janji, pembuatan anggaran, presentasi kerja, yang mengingat detail-detail khusus dari segala sesuatu tampaknya merupakan suatu tugas yang mustahil. Itulah sebabnya anda perlu mempelajari teknik-teknik memori.
Perbedaan Antara Memori dan Daya Ingat
Ketika orang mengatakan bahwa mereka tidak mempunyai memori yang baik, sebenarnya mereka berbicara tentang daya ingat. Mereka mempunyai kesulitan mengingat informasi yang sudah tersimpan dalam memori mereka. Memori menyimpan apapun dan hanya mengingat apa yang diperlukannya dan mempunyai arti dalam hidup anda. Perbedaan antara memori dan daya ingat untuk memahami bagaimana otak menyimpan dan mengingat informasi.
Menciptakan hubungan-hubungan memori yang baru juga meningkatkan kreatifitas pribadi.untuk menjadi orang yang mampu memecahkan masalah secara kreatif dan pemkir konstruktif, kita harus mampu meraih sebebas-bebasnya dan sebanyak-banyaknya seluruh pengalaman kita, yang merupakan konteks memori kita.
Kunci Mendapatkan Daya Ingat Istimewa
Kunci untuk mendapat daya ingat istimewa adalah bagaimana cara kita mengasosiasikan berbagai hal dalam memori kita. Beberapa asosiasi terjadi dengan sendirinya, anda munkin bahkan perlu untuk menemukan asosiasi itu, yang akan memerlukan upaya yang sungguh-sungguh di pihak anda.
Latihan Mudah Untuk Menghafal
Jika anda harus menhafal suatu deret fakta atau istilah yang tampaknya tidak berkaitan,  anda dapat menghubungkannya dengan cerita konyol yang membuatnya mudah di hafal.
Sistem Cantol: Cara Mudah Menghafal  Apa Saja
Sistem cantol ini dapat di gunakan untuk menghafal daftar apa saja. Daftar angka-angka yang dicocokkan dengan kata-kata berbunyi sama atau penunjuk-penunjuk visual digunakan sebagai suatu yang tetap, yang menjadi tertanam kuat dalam memori anda. Dan daftar yang harus anda ingat itu tercakup dalam daftar cantol anda.
Metode Lokasi
Untuk menggunakan metode lokasi ini, pilihlah tempat yang akrab dengan anda dan letakkan apa yang ingin anda ingat di tempat itu.
Kiat-Kiat Jitu
Semua cara menghafal baru saja anda pelajari akan sangat berhasil jika dipergunakan satu demi satu, tetapi akan lebih baik lagi jika saling di kombinasikan. Anda telah melihat bagaimana metode lokasi dapat di kombinasikan dengan sistem cantol.

10. Melaju Dengan Kekuatan Membaca
Bagi banyak orang, membaca adalah suatu tugas yang berat. Pernahkah anda sampai kebagian akhir sebuah halaman dan bertanya kepada diri anda sendiri,”apa yang baru ku baca tadi?” seberapa sering anda kembali ke atasdan mengulangi apa yang sudah and abaca, kadang-kadang sampai tiga atau empat kali? Atau, pernahkah anda terhenti pada satu kata karena pikiran anda sedang mengembara kemana-mana.
Bab ini akan mengajarkan kepada anda cara membaca, bukan sebagai tugas yang berat harus disingkirkan sejauh mungkin, tetapi sebagai keterampilan yang dapat di nikmati dan memuaskan. Seperti sebagian besar keterampilan belajar dalam buku ini, hal terpenting yang dapat anda lakukan untukmenjadikan teknik membaca ini berhasil bagi anda adalah menggunakannya! Semakin sering anda berlatih, semakin cepat anda dapat membaca dan kita hampir selalu suka melakukan pekerjaan diman kita berhasil.
Boleh Saja Membaca Dengan Jari Anda
Walaupun anda telah di ajarkan untuk tidak membaca dengan menggunakan jari, anda boleh dan harus membiasakannya lagi kini! Perbedaannya adalah bahwa kini anda akan menggunakan jari anda untuk menuntun mata anda secara cepat saat membaca bacaan anda. Triknya adalah selalu menggerakkannya lebih cepat dari pada yang anda kira anda mampu baca


Bacalah Gagasannya, Bukan Kata-Katanya.
Kata-kata yang diginakan seorang penulis adalah alat untuk menyampaikan gagasan-gagasannya, dan satu-satunya cara anda dapat memahami gagasan tersebut adalah dengan membaca kata-kata dalam konteks yang berhubungan. Ketika anda membaca kata satu demi satu, otak anda harus bekerja lebih keras untuk mengartikannya. Membaca kata satu demi satu bagaikan berusaha untuk mengetahui seperti apa bentuk boomerang dengan meneliti molekul-molekulnya. Alih-alih membaca masing-masing kata, dapatkan seluruh gambaran dengan melihat seluruh ungkapan, kalimat, dan paragrafnya.
Kiat-Kiat Untuk Memahami Bacaan:
·         Jadilah pembaca yang aktif
·         Baca gagasannya, bukan kata-katanya
·         Libatkan seluruh indera anda
·         Ciptakan minat
·         Buat peta pikiran bahan bacaan tersebut
Ragam Kecepatan Membaca
Pada dasarnya ada empat macam cara membaca:
1.      Biasa
2.      Melihat dengan cepat
3.      Mengilas
4.      Kecepatan tinggi

11. Berfikir Logis, Berfikir Kreatif
Seorang yang kreatif selalu mempunyai rasa ingin tahu, ingin mencoba-coba, bertualang, suka bemain-main, serta intuitif dan anda berpotensi untuk menjadi orang kreatif ini.
Melihat Proses Pemecahan Masalah
Pada tahun-tahun terakhir, kita tampaknya dihadapkan pada istilah-istilah baru untuk proses penyelesaian masalah.  Inilah beberapa istilah-istilah diantaranya, dengan definisi sederhana.

Berpikir Verrtikal
Suatu proses bergerak selangkah demi selangkah menuju tujuan anda, seolah-olah anda sedang menaiki tangga.
Berpikir Lateral
Melihat permasalahan anda dari beberapa sudut baru, seolah-olah melompat dari satu tangga ke tangga lainnya.
Berpikir Kritis
Berlatih atau memasukkan penilaian atau evaluasi yang cermat, seperti menilai kelayakan suatu gagasan atu produk.
Berpikir Analitis
Suatu proses memecahkan masalah atau gagasan anda menjadi bagian-bagian.  Menguji setiap bagian untuk melihat bagaimana bagian tersebut saling cocok satu sama lain, dan mengeksplasi bagaimana bagian-bagian ini dapat dikombinasikan kembali dengan cara-cara baru.
Berpikir Strategis
Mengembangkan strategi khusus untuk perencanaan dan arah operasi-operasi skala besar dengan melihat proyek itu dari semua sudut yang memungkinkan.
Berpikir Tentang Hasil
Menuju tugas dari perspektif solusi yang dikehendaki.
Berpikir Kretif
Efek “bola lampu” yang terjadi ketika anda menyusun kembali fakta-fakta yang ada dan muncul dengan pandangan baru tentang masalah itu.  (Hal ini hampir selalu melibatkan berpikir lateral)
Sejak awal hingga akhir, penyelesaian masalah yang kreatif berjalan melalui tahap-tahap khusus ini:
·         Persiapan
·         Inkubasi
·         Iluminasi
·         Verifikasi
·         Aplikasi
Meletakkan Dasar
Semua upaya besar yang kreatif dari teori-teori terobosan Einstein hingga kampanye iklan besar-besaran, hingga program pengembangan diri yang ambisius harus mempunyai dasaryang kukuh.  Inilah cara bagaimana anda meletakkan dasar tersebut.
Bagaimana Rasanya Hidup Dalam Solusi Anda Sendiri?
Pikirkanlah solusi  daripada masalah, dan selaraskan diri anda dengan keberhasilan.  Dengan kata lain, bayangkan bagaimana rasanya “hidup dalam solusi anda”.  Inilah cara ampuh untuk tiba pada cara agar menjadi solusi itu muncul.  Ini juga menciptakan tekanan antara masalah dan solusi.  Tekanan ini mempunyai kecenderungan alamiah untuk menguraikan dirinya menjadi positif.
Pergeseran Paradigma Atau “Berganti Tangga”
Berpikir kreatif bukanlah masalah bekerja lebih keras ini adalah masalah berpikir secara berbeda.  Sering kali ini melibatkan gejala berpikir lateral yang disebut “penggeseran paradigma”
Suatu paradigma adalah seperangkat aturan yang kita gunakan untuk mengevaluasi informasi dan menyatukannya kedalam hidup kita. Setiap orang mempunyai paradigma sendiri berdasarkan pada pengalaman hidupnya. Paradigma-paradigma ini bermanfaat bagi anda dalam banyak hal. Tetapi, paradigm juga bisa membatasi. Paradigma dapat menyembunyikan peluang dari anda, hanya karena kerangka berfikir anda tidak mengakui keberadaan peluang.
Curah-Gagasan
Curah-Gagasan adalah teknik penyelesaian masalah yang dapat digunakan baik secara individual maupun kelompok. Hal ini mencakup pencatatan gagasan-gagasan yang terjadi spontan dengan cara tidak menghakimi. Ini didasarkan pada premis bahwa untuk mendapatkan ide-ide besar yang sebenarnya, anda harus memiliki untuk dapat memilih.
Kiat-Kiat Jitu Untuk Berfikir Kreatif
Jika anda pernah berhasil, anda tahu bahwa anda mampu melakukannya lagi. Ingatkanlah diri anda tentang hal itu pada saat anda meggarap suatu tantangan.


12. Menjadikan Quantum Learning Melejit
Untuk menjadi pelajar Quantum, kita harus mampu mengolah informasi dengan dua cara: denagan mengasimilasikan potongan-potongan materi sekaligus. Dan, dengan mengembangkan pemahaman kita tentang satuan-satuan kecil ini untuk mengetahui bagaimana satuan-satuan ini beroperasi dalam skala besar dalam kaitannya dengan  faktor-faktor lainnya. Biasanya orang lebih mudah belajar dengan satu atau lain cara, tetapi adalah penting untuk mampu melakukan kedua-duanya.
Kalau anda ragu bahwa anda memiliki perangkat mental penting untuk menjadi pelajar Quantum, ingatlah bahwa otak yang anda miliki sejak lahir secara fisiologis sama dengan otak orang-orang yang terkenal dengan kejeniusannya. Ini berarti bahwa otak anda  mencapai kebesaran yang sama dengan otak orang-orang yang mempunyai kemampuan mental yang tinggi; anda hanya perlu belajar bagaimana membimbingnya menuju kebesaran anda sendiri.
Kiat-Kiat Jitu
Inilah kiat-kiat yang paling jitu dari masing-masing bab untuk membantu anda mempelajari Quantum learning.
Temukanlah Manfaat Dari Segala Sesuatu Yang Anda Lakukan
Buatlah permainan dari hal itu, kalau diperlukan.
Berikan Pujian Untuk Diri Anda
Bicarakanlah tentang diri anda dengan cara positif, dan hindarilah orang yang memberi anda umpan balik yang negatif, yang tidak anda perlukan.  Ubahlah umpan-balik negatif dengan cara sepositif mungkin.  Misalnya, dari pada mengambil komentar-komentar negatif secara pribadi, lebih baik katakan kepada diri anda, “Hmm....  dia pasti mengalami hari yang sangat buruk sehingga mengucapkan hal seperti itu kepadaku.”  Yakinlah anda dapat mencapai tujuan anda karena kalau anda yakin, maka anda akan berhasil.
Ciptakan Zona Aman Bagi Diri Anda…
Di rumah, dan secara bertahap perluasan hingga ketempat kerja anda, di luar rumah, di tempat ceramah, dalam masyarakat, dan seterusnya.  Ambil langkah-langkah diluar zona aman anda karena hal inilah yang memaksa zona tersebut untuk meluas.  Mundurlah kedalam untuk menggabungkan informasi baru dan kumpulkan energi anda.
Sadarilah Cara Belajar Anda…
Dalam setiap situasi.  Lakukan penyesuaian-penyesuaian untuk membantu diri anda menerima masukan, dan bentulah orang-orang lain untuk menerima masukan dari anda.
Gunakanlah Satu Atau Kedua Teknik Pencatatan…
Yang telah anda pelajari dalam sebanyak mungkin kesempatan. Keduanya dapat dipergunakan untuk semua alasan anda untuk menulis. Inilah keterampilan gergaji. Anda akan semakin terampil menggunakannya setelah berlatih, dan anda akan menemukan semakin banyak manfaat dalam kedua metode ini
Anggaplah Menulis Sebagai Kreatifitas Yang Menyenangkan….
Di mana setiap pribadi mempunyai bakat yang unik, dan ingat bahwa anda mempunyai banyak cara untuk mengatasi hambatan penulis dan kemampuan untuk menulis secara kreatif.
Pahamilah Semua Kecepatan Membaca Yang Berbeda Yang Tersedia Bagi Anda…
Variasikan kecepatan anda menurut materi bacaan yang ada. Latihlah teknik membaca dengan kecepatan tinggi sesering mungkin karena ini juga merupakan keterampilan gergaji yang memerlukan konsentrasi dan latihan yang berulang-ulang sebelum menjadi ahli.
Katakanlah Pada Diri Anda Bahwa Terdapat Kesempatan Untuk Berfikir Secara Kreatif Dalam Setiap Situasi…
Lalu upayakanlah untuk melakukannya! Hal ini munkin akan terasa menegangkan pada mulanya, tetapi akan menjadi semakin lebih terbiasa bila anda sering melakukannya. Pada akhirnya, orang akan mulai menjuluki anda sebagai orang yang kreatif dan julukan ini sendiri akan makin memperkuat citra diri anda, dan anda pun akan  menjadi lebih kreatif lagi.
Kiat-Kiat untuk Quantum Learning:
·         Temukan satu manfaat
·         Berikan pujian positif untuk diri anda
·         Ciptakan tempat yang aman untuk bekerja
·         Sadarilah cara belajar anda
·         Gunakan peta pikiran dan catatan TS
·         Anggaplah menulis sebagai hal yang menyenangkan
·         Ketahuilah kecepatan membaca anda
·         Berfikirlah secara kreatif dalam segala situasi
·         Ingatlah untuk mengingat



Daftar Rujukan
Buzan, Tony. 1989. Use Both Sides of Your Brain, 3rd ed. New York: Penguin Books.
Agardy, Franklin J. 1981. How To Read Faster and Better. New York: Simon & Schuster.
Caplan, Rebekah. Writers in Training. Palo Alto, Calif: Dale Seymour Publications.
Debono, Edward. 1973. Lateral Thinking, Creatifity step by step. New York: Harper & Row.
Armstrong, Thomas. 1987. In Their Own way. Los Angeles: Jeremy P. Tarcher.
Armstrong, Thomas. 1991. Awakening Your Child’s Natural Genius. Los Angeles: Jeremy P. Tarcher
Buzan, Tony. 1988. Make the Most of Your Mind. New York: Simon & Schuster.
Wujec, Tom.1988. Pumping Ions. New York: Double Day & Co.
Jensen, Eric. 1989. Student Success Secrets. New York: Barron’s Educational Series.
Peoples, David A. 1988. Presentation Plus. New York: john wiley & Sons.
Heider, John. 1984. Tao of Leadership. Atalanta, Ga: Humanics, Ltd.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar